Being Real Is the New Hustle

Agustus 20, 2021


Pandemi yang memaksa banyak orang buat di rumah aja, membuat frekuensi membuka media sosial jadi melonjak luar biasa. Dan saya selalu menemuan diri saya memandang situasi ini memiliki dua sisi. Bagus buat temen-temen yang menjalankan bisnisnya by social media, karena punya chance buat dapet exposure besar. Sedangkan di sisi lain, membuat sebagian kita dengan mudahnya membayangkan ...

 "Enak kayaknya jadi dia, ya?"

Sedemikian pesatnya perkembangan media sosial juga sebenernya nggak selalu negatif, kan. Karena dari sana pada akhirnya jadi ngebuka berbagai peluang yang sebelumnya mungkin mustahil untuk ada. Mulai dari peluang sebagai influencer atau pun sebagai content creator. Sehingga berbagai kalangan mencoba peruntungan dengan menunjukkan apa pun yang bisa dilakukan buat menarik perhatian publik. Harapannya biar konten yang dia buat bisa viral dan akhiryna terkenal. Followers banyak, peluang endorsement terbuka, dan voilaa... Cuan di depan mata.

Saya juga sempet ketarik ke arah sana. Nyoba bikin-bikin konten mulai dari video sampai quote-quote singkat. Kebanyakan sih berasal dari tulisan-tulisan yang pernah saya publish di twitter. Tapi emang dasar orangnya moody. Konsistensi adalah musuh, hehehe. 

Tapi kayaknya bukan cuma karena itu, deh. Karena seiring prosesnya berjalan, saya sering mempertanyakan balik ke diri sendiri. Apa kah ini beneran saya?

Apa saya ngelakuin ini secara tulus karena saya suka, atau karena hal lain?

Apa saya bakal kecewa kalau saya gak bisa meraih hasil yang saya mau?

Ada beberapa waktu ketika saya memulai bikin konten di Instagram, misalkan. Saya ngerasa kayak, kok bahasannya bukan saya banget. Kayaknya ini gak relate buat diri saya sendiri. Saya juga kadang sebenernya cuma takut sama ekspektasi yang bakal ada kalau nantinya orang lain mulai memperhatikan konten saya. Saya takut orang lain berekspektasi terlalu tinggi sama saya.

Yah... gitu deh.

Kadang ketika kita ngejar sesuatu, suka lupa aja gitu sebenernya kita ngelakuin itu beneran karena kita mau atau karena kita pengen kayak orang lain.

Dah ah. Sampai di lain waktu



You Might Also Like

2 Comments